Tentang Ineu

Teringat firman-Nya yang menyeru manusia untuk saling mengenal (QS. Al-Hujuraat:13), maka di laman ini kucoba untuk memperkenalkan diri, semoga menjadi pengikat rasa ukhuwah untuk saling mencintai karena Allah yang dengannya Dia akan memberi sebuah mimbar bercahaya di hari tiada naungan selain naungan-Nya.

Tri Indraini Ratna Utami menjadi serangkai nama sekaligus doa dari ayah dan ibu untukku yang terlahir sebagai permata hati ke tiga diantara lima putri mereka. “ineu” adalah nama kesayangan dari ayah dan ibu saat memanggilku. Jadilah hingga kini nama tersebut yang lebih dikenal orang dibanding nama aslinya ^_^

Masa kecil dan remaja kunikmati di kawasan Garut – Jawa Barat, tempat terakhir kali ayah berdinas dan menjadi kota pilihan untuk melabuhkan sisa hidup beliau bersama ibu untuk membesarkan kami.

Selepas SMA kucoba meretas impian dengan berhijrah ke sebuah kota di Jawa Tengah untuk menimba ilmu lebih dalam. Di sinilah mulai kutemukan dan kucoba pahami cahaya Ilahi, juga menjadi awalku belajar menuliskan guratan cahaya tersebut melalui pena.

Usai masa kuliah, ilmu yang masih sangat sedikit diserap itu  sepenuh hati kuamalkan di sebuah lembaga penelitian bioteknologi yang berada di Bogor. Di masa mengabdikan ilmu pada lembaga yang bernaung di Kementrian Pertanian  itulah, Allah memperkenankan doaku untuk menyempurnakan setengah agama.

Sebentuk upaya pengabdian pada suami, menjadikan perjalanan hidupku berlabuh di kota Berlin, Jerman.  Mencoba menyelami cahaya-Nya saat berada dalam atmosfir kehidupan masyarakat di sana, baik muslim Indonesia, Turki, Arab ataupun orang Jerman sendiri membekaskan banyak hikmah. Termasuk pula di dalamnya  pengalaman dengan tiga cahaya hati (Ahsan, Nazhifa dan Saniyya) yang Allah karuniakan kepada kami, mereka pun menjadi sumber inspirasi, pelajaran, dan hikmah bagiku.  Semua yang ‘mengesankan’ itu sebagian kurekam dalam bentuk tulisan yang ku-share di Oase Iman-Eramuslim, Dakwatuna, FLP Jerman, dan media lainnya. Hal tersebut kulakukan dengan harapan akan semakin banyak orang yang memperoleh manfaat dari apa yang kutulis meskipun tulisan-tulisanku bukanlah tulisan istimewa.

Blog sederhana yang terbentuk atas dukungan belahan jiwa (Habib Rijzaani) ini,  tak lain hanyalah ungkapan rasa syukur tak terhingga pada Rabb Azza wa Jalla untuk kesempatan yang diberikan padaku dalam  menuangkan catatan hati  di setiap meresapi lintasan cahaya-Nya agar dapat memaknai hidup lebih bermakna. 

Kuharapkan siapa pun yang singgah di blog sederhana ini, dapat menemukan inspirasi dan hikmah dalam tiap cerita yang tersaji. Semoga mendapat manfaat walaupun hanya setitik sebagai tambahan bekal untuk mengarungi perjalanan mendekat pada-Nya. Sungguh hal ini adalah kebahagiaan tersendiri bagiku.

Selain melalui blog ini, sahabat bisa menjumpai  dan menyapaku di  http://bundaahsan.multiply.com/ , www.facebook.com/ratnautami/ , https://twitter.com/#!/ineuratna, dan google+

 

Salam Ukhuwah


Label:

17 Comments

  1. Assalamu’alaikum.
    Rupanya ini tah rumah baru Mbak Ineu. Barokallohu!
    Tetap saling mengingatkan, menguatkan dan mendoakan melalui tulisan. Insya Allah.
    Wassalamu’alaikum.

  2. subhanalloh yg tlh membuat ht org sebening embun.ini adlh kali prtmanya saya mmbka blog ini,dan saya langsung melihat butiran embun itu jatuh dr kelopak mataku stlah nanar mata ini memperhatikan kalimat kalimat nurani yg di penuhi embun berkilauan.terimakasih semoga apa yg ku bc hr ini mampu mewarnai hari hariku.syukron jaza killah khoir
    salam ta’dzim muclas effendi

    • Waiyyak Akhi… Jazakallah khairan wa ahsanul Jaza telah sempatkan membaca. Suatu kebahagiaan tersendiri bila ada manfaat yg diperoleh dari tulisan2 sederhana ini. Semoga Allah kabulkan harapan Akhi yg sgt mulia tsb.Salam ta’dzim juga…

  3. Barokillahu fiik….mudah mudahan blog ini menjadi wadah silaturrahmi dan menjadikan pengunjungnya menjadi hati hati yang sebening EMBUN….., salam ta’aruf

    • Jazakallahu khairan wa ahsanul jaza untuk do’a serta kunjungan ke blog  sederhana ini. Semoga silaturahim yg terjalin menjadikan kita bisa saling mengingatkan dan menguatkan dlm kebaikan. Salam ta’aruf juga..

  4. Assalamu’alaikum…..! Subhanallah, Alhamdulillah,,, ini toh blognya,,, InsyaAllah bermanfaat u/saling mengingatkan, menguatkan dan mendoakan melalui tulisan2. Insya Allah…Smg maslahat dunia akhirat,,, Amiiin,,,,!

  5. Assalamu ‘alaykum.
    Alhamdulillah! Semoga Mbak Ratna istiqomah mengelola blog ‘penyedia’ hikmah ini.
    1). Saya menemukan blog ini setelah klik http://www.dakwatuna.com/2012/06/21229/rahasia-wajah-bercahaya/. Maaf, tulisan itu ‘bahan dasar’-nya biasa saja yaitu tentang hikmah berwudhu. Tetapi, tulisan menjadi sangat bagus karena didahului oleh ilustrasi yang menawan.
    2). Titip salam (kenal) kepada suami Mbak.
    3). Jika ada kesempatan, silakan mampir di http://www.anwardjaelani.com. Jazakillah.

  6. Mbak Ineu, izin share tulisa Mbak di eramuslim untuk komentar lagu “ketika Tangan dan kaki berkata” yang di upload oleh Mbak Linaarfah. terimakasih.

    Entschuldigung, ich spreche nicht gut Deutsch…

    viele Grüße

Tinggalkan Balasan